Senin, 07 Februari 2011

Serangan Mongol ke Dunia Islam

ABSTRAK

Zainab, Nurul. 2011, Serangan Mongol ke Dunia Islam. Makalah Studi Peradaban Islam. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. Muhammad Djakfar, SH, M.Ag.
Kata kunci: Mongol, Islam

Kehancuran Abbasiyah selain disebabkan faktor-faktor internal, juga disebabkan oleh faktor eksternal. Faktor eksternal yang menyebabkan runtuhnya kekuasaan Abbasiyah meliputi adanya perang salib dan serangan Mongol terhadap wilayah kekuasaan Islam. Serangan Bangsa Mongol berdampak besar pada peradaban Islam selanjutnya. Jatuhnya Kota Baghdad pada tahun 1258 M ke tangan Mongol bukan saja mengakhiri kekhalifahan Abbasiyah, tetapi juga merupakan awal dari kemunduran politik dan peradaban Islam. Berdasarkan latar belakang tersebut maka perlu dikaji kembali tentang serangan Mongol ke dunia Islam, baik latar belakang serangan Mongol maupun akibat serangan tersebut.
Latar belakang yang menyebabkan invasi Mongol ke wilayah Islam adalah adanya peristiwa Utrar pada tahun 1218. Jengiz Khan memulai invasi ke Negara Islam di Negara Khawarizm Turkistan yang merupakan pemerintahan independen dari Khilafah Abbasiyah. Selanjutnya serangan-serangan Mongol ke dunia Islam terbagi menjadi 3 gelombang serangan dahsyat Mongol ke dunia Islam, yaitu: (1) Penghancuran dan pembantaian di Turkistan dan Khurasan di bawah pimpinan Jengiz Khan. (2) Serangan ke Baghdad di bawah pimpinan Hulagu Khan pada tanggal 10 Februari 1258, dan (3) Invasi ke negara-negara Asia di bawah pimpinan Timur Lenk yang dimulai dengan serangan ke Persia pada tahun 1380 M.
Adapun akibat serangan-serangan Mongol ke dunia Islam yaitu Hancurnya Baghdad sebagai pusat Dinasti Abbasiyah, runtuhnya kekuasaan Dinasti Abbasiyah dan mundurnya kekuatan politik Islam dan dihanyutkannya kitab-kitab yang dikarang oleh ahli ilmu pengetahuan ke dalam sungai Dajlah sehingga berubah warna airnya karena tinta yang larut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar